Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Inilah 10 Daftarnya

Adakah makanan seperti buah-buahan yang baik untuk Ibu hamil? Jawaban untuk hal ini tentu ada. Buah-buahan yang bagus untuk Ibu hamil mudah, trisemester pertama, 3, 5, 7, 8 sampai 9 bulan, apakah ini yang Ibu maksud?

Atau sedang mencari, apa saja daftar buah-buahan apa yang cocok dikonsumsi oleh Ibu hamil? Untuk melengkapi jawaban atas pertanyaan tersebut, simak selengkapnya dibawah ini.

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil di masa kehamilannya. Kesehatan badan, gizi makanan dan juga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Ibu hamil selalu dituntut untuk makan makanan bergizi, termasuk buah-buahan. Buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah pilihan dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Pada faktanya, ibu hamil membutuhkan nutrisi serta gizi dua kali lipat dari biasanya karena kini ada janin dalam kandungan yang akan menyerap setiap nutrisi makanan yang masuk. Bila kebutuhan nutrisi dan gizi ibu hamil tidak tercukupi, maka bisa-bisa si ibu atau bahkan si janin mengalami gangguan kesehatan.

Untuk para Ibu hamil yang masih terbatas pengetahuan tentang buah-buahan apa saja yang baik dikonsumsi oleh bumil, berikut ini buah yang baik untuk ibu hamil :


1. Buah Pisang

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 1. Buah pisang

Menurut penelitian dari media kesehatan online webMD, Kathleen Zelman, MPH, RD. Buah-buahan yang cocok dan baik dimakan selama kehamilan adalah salah satunya buah pisang. Buah pisang menjadi asupan yang berasal dari alami dan memiliki asam folat yang pastinya memiliki hasil baik pada ibu yang sedang hamil.

Pisang adalah buah yang paling sering dikonsumi baik oleh ibu hamil atau orang-orang normal sehabis makan. Untuk ibu hamil, pisang akan membantu perkembangan janin lebih baik karena pisang memiliki kandungan kalium dan juga vitamin B6. Selain itu, pisang juga berguna untuk membantu atasi sembelit yang biasanya dialami oleh para bumil.

Sembelit merupakan masalah kesehatan yang umumnya dialami selama kehamilan. Untuk memudahkan hal ini, maka untuk membersihkan atau melancarkan pencernaan lebih baik mengkonsumsi buah pisang.

2. Buah Lemon

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 2. Buah lemon
Bumil pada masa kehamilan 2-4 bulan akan sering mengalami morning sickness. Lemon bisa digunakan untuk menghilangkan gejala morning sickness selama kehamilan. Manfaat lemon lainnya adalah untuk membersihkan tubuh dan juga racun dari sisa metabolisme.

3. Buah Alpukat

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 3. Buah alpukat

Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah alpukat. Buah satu ini memiliki kandungan lemak sehat tak jenuh tunggal dan juga asam folat. Ibu hamil sangat membutuhkan banyak asam folat untuk kesehatan janinnya dan para bumil bisa mendapatkan asam folat dalam jumlah banyak di buah alpukat.

4. Buah Kurma sebagai daftar buah-buahan yang baik untuk Ibu hamil

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 4. Buah kurma

Buah yang banyak dijual di bulan Ramadhan ini ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kurma mampu memperkuat dinding rahim dan juga membantu mengatasi kram yang sering dialami oleh bumil di masa-masa kehamilannya. Hal ini dikarenakan kurma mengandung zat besi, vitamin B kompleks dan juga kalium.

5. Buah Mangga

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 5. Buah Mangga

Buah ini tidak hanya bisa dinikmati oleh pria dan wanita pada umumnya. Akan tetapi, buah ini juga baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Buah ini pun tidak hanya memberikan kelezatan dan kenikmatannya, akan tetapi juga memberikan sehat bagi tubuh. Hal ini juga dapat membantu pencernaan dan mengandung vitamin A dan C yang sehat bagi Ibu hamil.

6. Buah Anggur

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 6. Buah Anggur

Banyak diantara wanita yang berpikir, bahwa buah yang satu ini tidak aman dikonsumsi atau dimakan oleh ibu hamil selama kehamilan. Namun, anggur kaya akan vitamin A yang berguna untuk menstabilkan tingkat metabolisme. Anggur juga memiliki asam folat, kalium, fosfor, magnesium dan juga natrium yang baik selama kehamilan.

7. Buah berry

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 7. Buah berry

Buah berry kaya akan antioksidan dan dianggap sebagai makanan yang baik. Anda dapat menyertakan buah ini kedalam pola diet selama kehamilan Anda.

8. Buah jeruk

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 8. Buah jeruk

Buah ini tentu ada yang manis dan asam. Namun, buah yang baik untuk Ibu hamil yaitu buah jeruk yang rasanya manis. Buah ini memiliki sarat dengan vitamin dan kaya akan nutrisi vitamin C.

9. Buah apel

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 9. Buah apel

Buah ini memberikan kesehatan pada tubuh, karena memiliki sarat dengan vitamin yang baik untuk tubuh.

10. Terakhir buah yang cocok dikonsumsi untuk Ibu hamil yaitu Buah leci

Buah yang baik untuk Ibu hamil, 10. Buah leci

Nah, buah yang terakhir yang bisa direkomendasi sebagai buah yang baik untuk Ibu hamil adalah leci. Buah musim panas ini jelas-jelas memberikan suasana yang sehat dan aman bagi Anda dan bayi. Tentu buah inipun aman dikonsumsi selama kehamilan.

Bila bumil merasa mual bila mengkonsumsi makanan berat seperti nasi dengan sayur atau nasi dengan daging, bumil bisa menggantinya dengan rutin mengkonsumsi buah dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Seperti misalnya buah pisang, kurma ataupun alpukat yang bisa memberikan efek kenyang cukup lama. Itulah beberapa daftar buah yang baik untuk ibu hamil baik Anda masa kehamilan mudah, trisemester pertama, 3, 4, 5, 6 bulan, 7, 8 sampai 9 bulan.dan buah diatas sebagai asupan pelengkap setelah makanan.

Buah-buahan tersebut sebaiknya dikonsumsi bergantian dalam seminggu agar bumil tidak merasa bosan maupun enek. Perhatikan juga kehigenisan buah, untuk menghindari kuman yang masuk sebaiknya bumil mengupas dan mencuci buah-buahan yang hendak dikonsumsi.

Itulah 10 daftar buah yang baik untuk Ibu hamil yang sudah kami kumpulkan dari berbagi sumber dibawah ini.


Sumber:
http://www.boldsky.com/pregnancy-parenting/prenatal/2013/ten-fruits-to-eat-pregnancy-032897.html (diakses 6/3/2016)
http://ibu-hamil.id/buah-pisang-sangat-dianjurkan-untuk-ibu-hamil/ (diakses 17/3/2016)
http://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/buah-sehat/manfaat-pisang-untuk-ibu-hamil (diakses 17/3/2016)

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Inilah 10 Daftarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown