Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan
Larangan makanan untuk penderita radang tenggorokan seharusnya hal harus dijauhi tujuannya agar tenggorokan yang meradang atau sebutan lainnya amandel tidak semakin parah. Radang tenggorokan inipun tidaklah merupakan yang terjadi pada kesehatan wanita saja Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang dapat kurangi mood makan kita. Penyakit ini dikarenakan adanya bakteri yang mengakibatkan pembengkakan pada tenggorokan. Disini makanan yang bisa membuat radang tenggorokan jadi makin kronis. 

Dalam menangani radang tenggorokan tidaklah hal yang gampang. Radang tenggorokan bisa dikarenakan oleh infeksi bakteri, yang dibarengi tanda-tanda seperti flu, demam, serta nyeri. Makan merupakan hal perlu untuk mencukupi dan memberikan tenaga kembali bagi tubuh. Namun, saat terserang radang tenggorokan, mengkonsumsi makanan pun bisa terganggu, merasa sakit dan nafsu makanpun bisa berkurang. Padahal memberikan makanan yang bergizi pada tubuh akan dapat sebagai bahan bakar untuk tubuh maupun badan supaya bisa memulihkan daya dan selekasnya kembali beraktifitas seperti umumnya. 

Banyak makanan sehat yang disarankan oleh dokter untuk mendukung dalam pengobatan radang tenggorokan, ada pula makanan yang baiknya di jauhi oleh pasien radang tenggorokan. Apa sajakah itu?

Baca juga artikel related lainnya: Penyebab Radang Tenggorokan, Cara Mengobati Radang Tenggorokan, dan Gejala Radang Tenggorokan

Berikut dibawah ini sebagai pantangan atau larangan untuk penderita radang tenggorokan:


1. Makanan pedas 

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan, 1. Makanan pedas

Tahukah anda, makanan pedas seperti cabai, cari,lada, pala, merica, cengkeh serta rempah-rempah yang lain bisa jadi memperburuk rasa sakit pada tenggorokan. Untuk itulah sebaiknya jauhilah dahulu makanan ini. 

Makanan pedas memang dikenal sebagai memiliki kandungan yang mengakibatkan panas yang muncul dan memberikan merah pada tenggorokan. Untuk menaikkan rasa pada makanan Anda, maka bisa diimbuhkan dengan jahe fresh. Ini mempunyai karakter anti-inflamasi. Anda dapat juga memberikan bawang putih ke makanan Anda. Menurut suatu riset yang diterbitkan dalam “Kemajuan dalam Therapy” pada tahun 2001, bawang putih bisa menolong kurangi tanda-tanda pilek seperti sakit tenggorokan serta membantu Anda sembuhkan dalam lebih cepat. Selain untuk tenggorokan, bawang putih bahkan juga bisa membantu menghindar pilek dari reoccurring. 

2. Makanan Berlemak 

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan, 2. Makanan Berlemak

Menahan diri dari menkonsumsi seperi misalnya makanan tinggi lemak: daging merah, susu penuh lemak, panggang-pangangan serta makanan yang digoreng. Menurut pakar gizi Ilyse Schapiro di website Huffington Post, makanan berlemak lebih susah untuk badan Anda untuk mengolah serta bisa menghimpit sistem kekebalan badan. Selain itu inipun bisa jadi memperburuk tanda-tanda flu seperti sakit tenggorokan. Makanan goreng kerap mempunyai sifat yang kering serta kasar, setelah itu bisa menghematasi tenggorokan (faringitis kritis) untuk Anda. Alih-alih makanan penuh lemak sebagai pantangannya. Pastikan daging tanpa ada lemak seperti kalkun, ikan serta ayam. Minumlah product susu rendah lemak, serta pilihlah makanan yang lembab serta lembut seperti sup apel. Anda bahkan juga bisa haluskan atau menggiling makanan bila Anda alami kesusahan menelan atau pun mengunyah. 

3. Makanan kering 

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan, 3. Makanan kering

Makanan kering seperti makanan ringan, biskuit, gorengan sebagai makanan yang susah ditelan waktu kita sakit tenggorokan. Pastikan makanan yang lunak atau lembut supaya tenggorokan tidak penyebabkan sakit pada saat menelan makanan maupun minuman. 

4. Makanan Kasar 

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan, 4. Makanan Kasar

Makanan yang memiliki tekstur kasar seperti sayuran mentah, granola serta roti kering dapat menggaruk serta jadi memperburuk sakit tenggorokan. Alih-alihnya lagi makanan kasarlah juga harus dihindari. Pilih makanan yang gampang untuk menelan sesuatu yang masuk pada perut. Lembut serta 1/2 padat seperti keju, yoghurt, cream berbasis sup, telur, es cream, kentang tumbuk, dimasak sereal, smoothies serta casserole. Anda dapat juga melembabkan makanan yang kering dengan kaldu atau saus serta didihkan atau uap sayuran hingga mereka lebih lembut serta lebih gampang untuk menelan. 

5. Citrus serta Makanan Yang Asam 

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan, 5. Makanan Yang Asam

Larangan makanan untuk penderita radang tenggorokokan terakhir adalah menghindari makanan yang asam. Tinggal jauh dari makanan asam serta jeruk seperti tomat, jeruk, jeruk, limau serta lemon. Asam diketemukan pada makanan itu bisa menyebabkan iritasi serta jadi memperburuk sakit tenggorokan Anda. Alih-alih mempunyai buah jeruk, tentukan buah-buahan yang menentramkan tenggorokan seperti pisang, melon, kiwi serta buah persik. Bila Anda mau memberikan semakin banyak vitamin C dalam diet Anda, Anda bisa kunyah kale atau merah paprika bukannya makanan yang menghematasi jeruk.

Sekianlah info perihal makanan yang tidak bolehkan pada penderita radang tenggorokan, mudah-mudahan berguna buat anda. terimakasih sudah bergabung dari bagian tulisan blog ini terutama pada kali ini larangan makanan untuk penderita radang tenggorokan. 

Larangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown