Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan
Penyebab radang tenggorokan, gejala radang tenggorokan maupun cara mengobati radang tenggorokan merupakan suatu hal yang harus kita pahami. Untuk mengetahui lebih lanjutnya? Inilah ulasannya.

Radang tenggorokan, adalah masalah yang menyerang bagian tenggorokan manusia dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman terlebih ketika makan, minum dan bicara. Banyak sekali obat yang dijual untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun, alangkah baiknya jika pengobatan anda lakukan secara tradisional. Hal ini sangat penting dimana bahan tradisional merupakan bahan yang ramah terhadap tubuh manusia sehigga tidak akan menimbulkan efek buruk apapun. Namun, sebelum membahas tentang cara penyembuhannya disini saya akan membahas tentang penyebab dan gejala penyakitnya.

Penyebab radang tenggorokan adalah adalah infeksi virus yang kemudian akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan. Apa saja gejala radang tenggorokan? 

Berikut ini sebagai 3 penyebab radang tenggorokan dan inilah ulasan lengkapnya.


1. Kesulitan menelan

Penyebab radang tenggorokan, 1. Kesulitan menelan

Ketika anda mengalami radang tenggorokan, tanda yang sangat terasa adalah kesulitan menelan. Anda akan merasa tenggorokan menjadi sangat sakit sehingga akan mengalami kesulitan ketika menelan.

2. Bengkak kemerahan pada amandel

Penyebab radang tenggorokan, 2. Bengkak kemerahan

Gejala yang berikutnya adalah pembengkakan dan perubahan warna amandel menjadi kemerahan. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang terjadi sehingga memicu timbulnya pembengkakak yang sangat terasa sakit.

3. Demam

Penyebab radang tenggorokan, 3. Demam

Tanda yang lain adalah demam yang mencapai 38 derajat keatas. Pada kondisi ini tubuh akan terasa sangat lemas. Terkadang terasa mual dan tenggorokan menjadi semakin sakit.

Karena kita sudah membahas tentang penyebab dan gejala radang tenggorokan, berikut akan saya jelaskan mengenai cara mengobati radang tenggorokan secara alami.


1. Meminum air garam

Cara mengobati radang tenggorokan, 1. Meminum Air Garam

Meminum air garam adalah salah satu cara mengobati radang tenggorokan yang sudah teruji klinis. Kandungan antiseptic didalam garam mapu menyingkirkan lendir dan membuat otot-otot tenggorokan menjadi lebih rileks. Cara membuatnyapun sangat sederhana yaitu dengan melarutkan kira-kira ¼  sendok teh garam kedalam setengah gelas air hangat lalu mengaduknya. Setelah itu minum air garam tersebut. jangan lupa untuk meminumnya dengan rutin agar radang tenggorokan yang anda derita segera mereda.

2. Kombinasi jeruk lemon dan madu

Cara mengobati radang tenggorokan, 2. Kombinasi jeruk lemon dan madu

Madu merupakan hasil alam yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Madu dapat meringankan hampir semua penyakit ringan karena kandungan vitamin dan mineral didalamnya. Begitupun jeruk lemon. Dengan vitamin C yang berlimpah, jeruk lemon mampu meredakan berbagai macam penyakit.  Cara mengobati radang tenggorokan dengan memanfaatkan madu dan jeruk lemon sangatlah sederhana. Pertama, ambil air perasan jeruk lemon kemudian tambahkan 2 sendok madu asli. Setelah itu tambahkan sedikit air hangat dan minum campuran tersebut selagi masih hangat.

3. Jahe

Cara mengobati radang tenggorokan, 3. Jahe

Jahe merupakan rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat mengatasi masalah radang tenggorokan. Caranya-pun sangat sederhana yaitu dengan memasukkan beberapa potong jahe kedalam teh hangat. Aduk hingga rata kemudian minum.

Demikianlah ulasan tentang penyebab, gejala serta cara menyembuhkan radang tenggorokan yang dapat anda jadikan sebagai referensi pengobatan.

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown