Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Mengenal Gejala Kista Payudara

Mengenal Gejala Kista Payudara
Mengenal gejala kista payudara merupakan hal yang penting diketahui oleh wanita. Kista payudara merupakan penyakit sejenis tumor jinak yang menyerang seorang wanita. Kista payudara berbentuk seperti gelembung yang biasanya mengandung cairan atau udara. Meski tidak begitu berbahaya, namun penyakit ini memberi banyak dampak buruk bagi penderitanya. Benjolan yang terbentuk karena penyakit kista payudara ukurannya sangat bervariasi. Mulai dari 2 hingga 5 cm. Jumlahnyapun dapat terus berkembang hingga membentuk gerombolan benjolan menyerupai anggur. Tentu keadaan ini sangat dibenci oleh wanita. Karena itulah, disini saya akan berbagi kepada anda mengenai gejala kista payudara agar anda dapat mewaspadainya,

Apa saja yang bisa menjadikan gejala kista payudara?

1. Benjolan

Gejala kista payudara yang pertama adalah munculnya benjolan. Benjolan yang terbentuk akibat penyakit ini pada awalnya tidak akan terasa sakit. Itulah yang kemudian membuat wanita mengabaikan benjolan tersebut karena menganggapnya sebagai hal yang normal. Namun, seiring berjalannya waktu benjolan tersebut akan semakin membesar bahkan membentuk benjolan baru. Saat ukurannya sudah besar, benjolan akibat kista payudara ini akan menimbulkan rasa nyeri. Jika anda merasakan gejala kista payudara ini, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter yang menangani masalah ini.

2. Ukuran

Gejala kista payudara yang kedua adalah perubahan ukuran. Benjolan yang terbentuk karena kista payudara akan diselingi oleh perubahan ukuran payudara. perkembangannyapun bergantung pada usia. Jika usia wanita yang terserang kista payudara masih pada masa subur, maka perkembangan payudara adalah dari ukuran kecil menjadi semakin besar. Namun, jika penderitanya sudah tidak subur lagi, perkembangan ukuran payudara adalah dari besar menjadi semakin kecil. Perubahan ukuran ini juga dibarengi oleh rasa nyeri yang tak kunjung reda.

3. Letih

Gejala kista payudara yang terakhir adalah letih. Wanita yang mengidap penyakit kista payudara cenderung mudah merasa letih.  Rasa letih akan bertambah semakin parah ketika wanita tersebut usai melakukan aktivitas yang padat. Meski sudah dipijat, namun rasa letih ini hanya akan hilang sementara kemudian akan muncul kembali. Jika ana mengalami gejala ini, periksakan diri anda ke dokter sesegera mungkin.

Demikian ulasan mengenai gejala kista payudara. Semoga dapat menjadikan anda lebih waspada terhadap serangan penyakit ini.

Mengenal Gejala Kista Payudara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown