Infoginekologi.web.id sebagai penyedia pengetahuan dan artikel informasi kesehatan wanita online seperti penyebab, pencegahan dan cara mengatasi

Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Susah Buang Air Besar

Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Susah Buang Air Besar adalah pembahasan yang penting yang dapat Anda dapatkan dari blog ilmu ginekologi. Sembelit adalah ketika seseorang tidak lewat tinja, atau kotoran teratur atau tidak dapat sepenuhnya mengosongkan mereka keluar dari perut.

Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Susah Buang Air Besar

Apa itu Susah buang air besar?


Susah buang air besar adalah masalah umum dan dapat mempengaruhi orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada usia yang lebih tua dan kehamilan. Susah air besar banyak istilah yang digunakan oleh kalangan masyarakat atau di dalam medis seperti konstipasi ataupun sembelit.

Sistem pencernaan


Sistem pencernaan Anda sangat efisien. Dalam waktu beberapa jam itu akan diekstra oleh nutrisi dari makanan yang Anda makan dan minim, proses mereka ke dalam aliran darah dan mempersiapkan bahan sisa untuk melakukan pembuangan. Bahan yang melewati enam meter atau lebih dari usus sebelumnya disimpan sementara di usus besar, di mana air akan dikeluarkan. Residu diekskresikan melalui perut dan biasanya dalam satu atau dua hari.

Tergantung pada diet, usia Anda dan aktifitas Anda sehari - hari, keteraturan dapat berarti apa - apa dari tiga gerakan usus sehari untuk setiap tiga hari. Meskipun demikian, feses akan menetap di usus besar. Semakin keras dan besar tinja yang akan dikeluarkan maka akan semakin sulit tinja untuk diloloskan. Sebuah kotoran normal akan lebih mudah dikeluarkan dan proses pengeluarnya pun akan semakin mudah karena feses tersebut sudah lunak atau lembut.

Apa yang menyebabkan susah buang air besar?


Jika terjadi susah buang air besar, maka proses melakukan pengedenan pasti dilakukan yang bertujuan untuk mengusahakan kotoran itu keluar dari perut. Sehingga beberapa kasus yang mengalami susah buang air besar dapat terjadi BAB berdarah dan ini disebabkan karena adanya dorongan yang terlalu keras didalam otot perut.

Sibuk, dan gaya hidup modern kita mungkin bertanggung jawab untuk sebagian besar kasus konstipasi, tidak mencukupi asupan makanan yang berserat, air minum tidak mencukupi, tidak mendapatkan cukup latihan, dan tidak meluangkan waktu untuk menanggapi dorongan yang jelas untuk pergi ke toilet.

Emosional dan masalah psikologis dapat berkontribusi pada masalah ini. Persistent, kronis sembelit juga merupakan gejala dari kondisi kesehatan, termasuk sindrom iritasi usus besar, kanker kolorektal, diabetes, penyakit parkinson, multiple sclerosis, kelenjar tiroid kurang aktif dan mengalami depresi.

Kebiasaan buang air besar cenderung bervariasi dengan usia dan keadaan. Susu botol bayi misalnya, cenderung memiliki tinja yang lebih kuat dan serangan lebih dari sembelit daripada bayi yang diberi ASI. Beberapa anak mengalami konstipasi ketika mereka mulai sekolah atau berkegiatan lain dan ini membuat fisik anak merasa malu untuk meminta izin menggunakan toilet. Balita sering menjadi terkena serangan konstipasi. Anak-anak mungkin menghindari toilet jika mereka merasa memilki split kecil atau air mata di anus dari ketegangan atau iritasi lainnya.

Orang tua, terutama mereka yang lebih banyak duduk, cenderung untuk mengembangkan sembelit dan lebih dari keseringan.

Beberapa obat juga dapat menyebabkan susah buang air besar, termasuk narkotika dengan jenis pembunuh rasa sakit seperti kodein, Suplemen zat besi dan beberapa obat - obatan yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah.

Apa saja gejala sembelit?


1. Keras, tinja yang padat yang sulit dan menyakitkan untuk dikeluarkan.
2. Mengejan saat buang air besar.
3. Tidak buang air besar dalam tiga hari
4. BAB berdarah karena wasir

Komplikasi sembelit

Dalam jangkan panjang, sembelit dapat menyebabkan kering, sulit untuk mengumpulkan kotoran di rektum, disebut impaksi feses.

Kebocoran tinja cair juga mungkin, dan ini disebut dengan inkontinensia feses.

Merasa tegang ditoilet dan sembelit juga dapat menyebabkan tumpukan.

Saran pergi ke media, jika:

1. Sembelit dikaitkan dengan demam dan nyeri perut bagian bawah, dan kotoran Anda tipis atau longgar, gejala - gejalah ini mengkin merupakan indikasi dari diverticulitis atau penyakit usus lainnya.
2. Ketika saat melakukan pembuangan kotoran (feses) ada warna darah dan ini mungkin dari retakan atau ambeien dan ini juga bisa menjadi tanda kanker kolorektal, perubahan pola buang air besar Anda, seperti buang air pensil tipis, juga mungkin menandakan kanker kolorektal.
3. Susah buang besar Anda akan berkembang setelah Anda memulai resep obat baru atau mengambil vitamin atau sumplemen mineral dan Anda mungkin perlu untuk menghentikan pengobatan atau mengubah dosis.
4. Anda atau anak Anda telah mengalami sembelit selama dua sampai tiga minggu atau lebih, Anda mungkin memiliki terkena dampaknya.
5. Anda akan mengalamu penurunan berat badan meskipun Anda tidak diet.
6. Anda mengalami sakit parah saat buang air besar.

Mendiagnosis sembelit


Sembelit sesekali tidak membenarkan mengunjungi dokter, tetapi Anda harus mencari saran profesional untuk masalah terus-menerus. Pertama, Anda akan memeriksa perut Anda untuk tanda massa yang mengeras dan dapat melakukan pemeriksaan dubur. Untuk memeriksa masalah yang mempengaruhi tubuh, dokter mungkin mengambil sampel darah. Mereka mungkin menyarankan pemeriksaan usus Anda dengan sigmoidoscope, sebuah tabung yang fleksibel dengan penampilan yang besar penampil pembesar, yang dimasukkan ke dalam rektum. Anda juga mungkin perlu disarankan untuk memiliki enema barium, yang melapisi dinding usus sehingga dapat dilihat pada sinar X atau kolonoskopi, dimana spesialis menempatkan kamera di dalam rektum dan ke dalam usus besar.

Apa pengobatan untuk sembelit?


Sebagian besar kasus sembelit menanggapi pengobatan konservatif, seperti perubahan pola makan dan olahraga atau pencahar ringan. Kasus yang parah atau kronis akan meminta ke dokter untuk melakukan pengujian untuk penyakit lain.

Mungkin Anda bisa akan memulai pengobatan dengan merekomendasikan lebih banyak serat atau diet massal. Meningkatkan latihan juga penting untuk menjalani gaya hidup.

Bagaimana saya bisa mencegah sembelit?


Kunci untuk mencegah sembelit cukup sederhana yaitu minum air dalam jumlah enam sampai delapan gelas per hari, mendapatkan serat yang cukup dengan mengkonsumsi buah - buahan, sayuran dan bijian - bijian serta berolahraga secara teratur dan mengurangi stres.

Inilah penulisan saya kali ini "Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Susah Buang Air Besar". Semoga dapat membantu. Simak juga sebagai sumber lainnya : Pengertian, Gejala dan Penyebab Susah Buang Air

Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Susah Buang Air Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown